--> WELCOME TO MY BLOG IVAN MOAN NST WELCOME TO MY BLOG IVAN MOAN NST

Aug 23, 2016

MASJID BERNAMA TAK MEMILIKI JAMAAH KOTA PADANGSIDIMPUAN


Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua memiliki sebuah masjid bernama "Al Khalili" yang bentuknya indah, kokoh dengan gaya arsitektur unik yang berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Uniknya dari masjid ini adalah berada agak jauh dari pemukiman masyarakat setempat, dan masjid ini tidak seperti masjid lainnya yang selalu terdengar suara kumandang adzan lima waktu dalam sehari.

Karna memang masjid ini tidak memiliki jamaah seperti masjid lainnya dan tidak ada pengurusnya. Masyarakat sekitar shalat berjamaah di masjid jami yang jaraknya berjauhan dengan masjid Al Khalili. 

Layaknya sebuah masjid itu harus ada yang adzan setiap waktunya tiba, akan tetapi tidak dengan masjid ini. Mungkin bisa kita tanyakan hukumnya mengenai hal tersebut kepada pemuka agama.

Berdasarkan keterangan masyarakat sekitar bahwa memang masjid tersebut tidak ada jamaah untuk melakukan shalat berjamaah setiap harinya di masjid itu, karena memang masjid Al Khalili merupakan masjid pribadi yang selalu dikunci pemiliknya. 

Hanya pada hari Selasa masjid ini di buka dan digunakan sebagai tempat pengajian kaum ibu yang dilakukan ba'da Ashar sampai menjelang magrib. Masyarakat sering mendengar hal hal aneh dari dalam masjid tersebut seperti mendengar suara orang mengaji dan sebagainya pada malam hari.

Pemilik dari masjid ini adalah Syarifuddin seorang mantan anggota DPR RI Fraksi PPP era Soeharto yang sengaja membangun masjid di tanah yang merupakan miliknya sendiri, beliau dikenal sebagai saudagar tanah yang memiliki banyak harta. Namun pemilik masjid tersebut tinggal di Jakarta dan jarang sekali pulang ke desanya.

Sampai sekarang masjid ini hanya sebagai pemandangan tempat rekreasi bukan untuk melakukan peribadatan kepada Allah sebagai pencipta manusia. Lebih baik masjid ini selalu terbuka agar ada masyarakat yang selalu melakukan shalat lima waktu dan mengumandangkan adzan. (Ivan)



No comments:

Post a Comment

kelik