--> WELCOME TO MY BLOG IVAN MOAN NST WELCOME TO MY BLOG IVAN MOAN NST

Sep 21, 2012

Pulau Merak


Merak Harbour

Jaraknya yang hanya sekitar 1 Jam 30 Menit dari Tangerang melalui jalan tol Jakarta – Merak menjadikan pantai-pantai yang berada di kawasan Anyer, Merak dan sekitarnya sangat menarik untuk ditelusuri.

Berawal dari ‘rasa bosan’ akan kawasan Anyer dan sekitarnya, kami mencoba menelusuri tempat lain dari wilayah yang kaya pantai di Propinsi  Banten ini. Pilihan kami pada saat itu adalah menuju kawasan “utara” Cilegon. Tidak banyak yang kami harapkan dari penelusuran ini karena sedikit banyak sudah mendapatkan gambaran akan faktor geografisnya, kami memutuskan untuk mengunjungi pantai Salira.
Setelah melewati pelabuhan penyebrangan Very Merak, jalan terasa sedikit mengecil dan banyak angkot yang menunggu penumpang di terminal Merak, tidak begitu lama anda akan melihat pantai pulorida yang dilengkapi dengan penginapan namun sayang tempatnya terlihat tidak terawat dengan baik dan terkesan “ditinggalkan”.

Kompleks perumahan pembangkit listrik Suralaya cukup menarik untuk beristirahat, disana terdapat pantai yang landai dan banyak penjual makanan, tempat yang sesuai untuk sedikit melepas penat mengemudi. Kompleks perumahan ini merupakan kawasan madiri, terlihat ada sarana olah raga, wisma penginapan untuk karyawan dan sekolah.ÂÂ
Pemandangan Pembangkit listrik Suralaya memberikan suasana eksotis tersendiri terutama jika anda belum pernah melihat stasiun pembangkit listrik dari jarak dekat.
Dengan kecepatan santai, pantai salira akan dicapai kurang dari 1 jam dari Merak. Berbeda dengan pantai di Anyer yang berbatu karang, Pantai Salira terlihat landai dan memiliki pasir putih yang menyenangkan untuk bermain air dan pasir, apalagi jika anda bersama anak-anak. Sayang tidak ada tempat yang memadai di dekat Pantai ini untuk menginap.ÂÂ
 Salira Beach
Jika anda perhatikan peta maka akan terlihat jalan memutar dari Bojonegara menuju Merak. Rencana awal untuk menelusuri jalur tersebut kami urungkan karena mendapat informasi jalan rusak dan tidak ada tempat menarik serta banyaknya industri disepanjang jalan tersebut sehingga jalan akan macet jika berbarengan dengan Jam Pulang kerja.
Meskipun  kondisi disekitar pantai Salira tidak ada objek wisata lain dan penginapan yang memadai, dengan kelebihan memiliki pantai landai berpasir putih, Pantai Salira adalah tempat yang menarik untuk anda kunjungi bersama keluarga. Apalagi Jika anda mengunjunginya bukan di akhir pekan anda akan mendapatkan suasana tenang dan secluded.
Salira Beach
Dalam perjalanan pulang anda dapat mampir di Merak atau Pulorida yang merupakan tempat lumayan indah untuk menikmati sunset. Jika anda penasaran, anda dapat melihat panorama yang indah dari Pantai Salira dan Pulorida datang aja

No comments:

Post a Comment

kelik