--> WELCOME TO MY BLOG IVAN MOAN NST WELCOME TO MY BLOG IVAN MOAN NST

Dec 15, 2014

PNS dan WIRAUSAHA

chaayoo


Ini cerita ketika saya berangkat untuk mencari nafkah, melalui jalan By.Pass Pijorkoling tiba-tiba hujan turun dengan cepatnya dan saya pun mencari tempat naungan agar tidak terkena air hujan yang begitu deras. Saat berada ditempat itu saya bertemu dengan pemuda yang sedang berpakaian pegawai negeri. Beliau menyapaku “jual rokok bang?” tidak bang jawabku. “bawa apa itu bang?” biasalah bang untuk ke toko-toko tapi bukan rokok. Kemudian sedikit bercerita pemuda itu kepada saya “memang lebih enak jadi wirausaha bang daripada saya pegawai ini. Menjadi seorang wirausaha kerja kita tidak diatur, waktu luang banyak, kemudian tidak makan hati karena diperintah, berkah lagi penghasilan yang kita dapat. Daripada jadi pegawai bang udah diatur-atur, kemudian terikat waktu, belum kena marahi atasan, bergerak tidak bebas ada yang mengikat. Belum lagi kita akan mengikuti suatu sistem yang memang berlawanan dengan prinsip kita, kita sebagai bawahan mau tidak mau akan ikut bersama mereka juga, akan hal memakan uang yang bukan hak kita sebagai pegawai. Kalau dihitung-hitung bang tidak ada gaji kita dengan apa yang sudah kita peroleh. Tidak sesuai tapi karena jalan pintas maka itu yang menjadikan setiap pegawai tersebut memiliki apa-apa yang mereka punya. Anggaran ke anggaran harus ada yang kami tikam, belum lagi pungli-pungli yang kami lakukan kepada masyarakat bang. Tetapi itu memang sudah menjadi kebiasaan pegawai disini, kalau saya bertugas di KESBANG Padangsidimpuan bang, kantor saya di Pal IV Pijorkoling. Kita pun bang harus juga ikut-ikutan kalau tidak dibilang mereka sok alim, sok jujur, dan mengancam takut mereka dilaporkan. Itu memang sudah merembak ke semua kantor-kantor bang jadi jangan heran lagi abang….

Bisakah kebiasaan ini dirubah? Mengingat tuntutan pemerintahan yang baik sedang digalakan oleh pemerintahan Jokowi, namun apakah sampai ke daerah?

No comments:

Post a Comment

kelik